Friday, April 3, 2009

Puppy Linux, OS Mini Hasil Optimal

Linux merupakan OS yang tidak begitu digemari karena berbagai alasan seperti susah installasinya, tampilannya aneh, berat dan lain sebagainya. Semua alasan tersebut sebenarnya sudah tidak berlaku lagi saat ini karena Linux sekarang juga dibuat dengan berbagai fitur yang memudahkan orang awam untuk menggunakan Linux. Salah satu OS Linux yang memiliki kemampuan cukup handal dan ukurannya kecil adalah Puppy Linux.

Puppy Linux adalah OS berbasis Linux yang dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler. Puppy Linux dikenal sebagai OS Linux yang life CD akan tetapi akhir-akhir ini juga banyak yang mnginstall pupyLinux langsung ke hardisk komputer.

Tampilan Puppy Linux sangat familiar karena mirin dengan windows sehingga setiap orang yang mau beralih dari windows ke Puppy Linux tinda akan kesulitan. Jika kita menginstall pauppy Linux, kita tidak perlu kawatir terhadap program pendukung, Puppy Linux telah meberikan aplikasi office word yang disebut abiword, gnumeric sebagai penganti exel dan lain sebagainya dan yang terpenting semua aplikasi tersebut gratis "tidak perlu membajak".

Untuk koneksi Puppy Linux telah menyediakan interface yang sangat mudah digunakan kita tinggal memilih jaringan apa yang ingin kita lakukan.

Pada interface network terdapat dua pilihan yaitu mengatur modem atau LAN, kemudian kita tinggal mengkiti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan koneksi tersebut.

Untuk berselancar di internet Puppy Linux telah menyediakan browser yang tangguh yaitu firefox, kita juga dapat selalu mengupdate versi terbaru dari browser ini. Untuk para pengguna yang memiliki hobi mailis tidak perlu kawatir Puppy Linux telah menyediakan mail client yaitu thunterbird atau claws mail.

Yang tidak kalah menariknya lagi dukungan Puppy Linux untuk grafis dan multimedia, grafis Puppy Linux menyediakan banyak aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk mendukung pekerjaan kita salah satunya Gimp yang digunakan untuk mengedit gambar.

Selain Gimp masih banyak aplikasi grafis lainnya yang dapat digunakan secara gratis.

Dari sisi multimedia juga tidak ketingalan, aplikasi yang disediakan begitu lengkap yaitu CD/DVD ripper, CD/DVD player, Pemutar MP3 dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak fasilitas menarik yang bisa gunakan, tetapi setidaknya melalui artikel ini kita bisa ketahui bahwa Linux tidaklah sesulit yang dibayangkan dan dapat membantu kita dalam pekerjaan kita sehari-hari.(iyas)




No comments:

Post a Comment